Jumat, 16 April 2010

Kesan ku kuliah di UMS.......


KESAN KU kuliah di UMS…………

Jum’at Sore 16 April di SD Muhammadiyah Serut…….

Ikhwany wa Akhawaty Fillah……
.
Buruan segera daftar di UMS, Insya Allah banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan kuliah disini.Terutama ilmu-ilmu tentang kependidikan.

Semester 5

Di semester lima, kita akan belajar tentang bagaimana mendesign pembelajaran PAI, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga Silabus untuk semua mata pelajaran PAI. Kalo’ pas ana dulu, perkuliahan di awali dengan Workshop selama 1 minggu full dari jam 07.00 nyampe jam 15.00. Perkuliahan menggunakan metode ceramah (kira2 5-10 menit) kemudian langsung praktek. Di workshop ini juga ada Michroteaching….hem…pengalaman pertama yang sempet bikin takut, canggung dan yang jelas nervousnya minta ampun…hk hk….tapi justru dengan pengalaman itu, bias menghilangkan rasa nerveous ketika presentasi di depan kelas. Setelah workshop selesai, maka selanjutnya perkuliahan biasa. Masuknya cuma Sabtu aja mulai jam 08.00 – 14.00. Perkuliahan menurutku sangat monoton dan membosankan. Isinya cuma pendalaman materi aja, jadi kita disuruh bikin RPP dan Silabus. Tau gak….selama 1 semester cumin diuplek-uplek sama RPP dan SILABUS, bayangin tuch bosen banget kan….tapi gak pa2 nikmatin aja….Toh juga dah bayar..rugi kalo dijalanin setengah-tengah…..
Tapi aku juga heran, gak pernah berlajar….kuliah jg biasa-biasa aja….Cuma ya…emang tugasnya nilainya lumayan bagus si…dan alhamdulillah IPK nya lumayan bagus he he…..diatas 3,5 ^_^


Semester 6

Nah ini nih..semester yang paling sibuk dan menguras energi….juga bikin semua jadwalQ berantakan..Hk Hk…
1 hari sebelum perkuliahan dimulai, aku baru dikasih tau temenQ kalo’ semester ini kuliah tiap hari kamis mpe sabtu masuk jam 7 – jam ba’da ashar…Toeng….Gubrak….kepalaq pusing banget….gimana nih, padahal gak mungkin pulang balik surakarta –jogja, dan harus ngekos. Nah kalo aku ngekos gimana nasib murid-murid privatQ, tapi masih mending sih, nggak ganggu jadwal ngajarku di SD. Hemm….singkat cerita, aku merelakan semua murid-muridQ….hk hk..jadinya income berkurang deh ….gak pa2…Semester ini aku harus FOKUS kuliah dan Fokus NGAJAR di SD……
Waduh kok jadi ngoyoworo nyampe kemana-mana….oke deh walaupun semester ini semester yang paling padat, tapi aku cukup menikmatinya, soalnya materi kuliah dan dosennya asyik-asyik. Banyak hal yang baru, yang aku dapatkan di semester ini. Aku ngambil 12 MK 24 SKS, sebenernya cm 11 MK aja, tapi aku nambah 1 mata kuliah kemuhammadiyahan jadinya aku kuliah bareng kakak tingkat semester 8.
Di semester ini aku belajar tentang …..

Psikologi Umum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Agama,Psikologi Pendidikan, Sosiologi Agama, BK, Administrasi Umum, Kemuhammadiyahan, Pengembangan kurikulum, media pembelajaran, pengembangan evaluasi PAI, penyusunan buku ajar

Tapi yang paling keren itu…belajar psikologi.. apa lagi psikologi umum…jadi pingin belajar psikologi kepribadian he he…..

Metode perkuliahannya macem-macem, tergantung dosennya, tapi kebanyakan diskusi dan presentasi ke depan, selain itu bakalan banyak tugas dan paper yang harus kita buat…jadi siap-siap aja untuk mbaca banyak referensi….

Oke deh….mungkin itu aja gambaran singkat jg kesan2 selama kuliah di UMS.
Bagi yang mau Tanya tentang UMS bisa kirim email aja….

2 komentar:

  1. Mudah-mudahan semester ini banyak hal yang dapat ana ambil... be winner....

    BalasHapus
  2. truzzzzzzzlah berkarya.........perjuangan baru aja di mulai,,,Allahuakbar!!!

    BalasHapus