Sabtu, 30 April 2011

Aku memang bener-bener JATUH CINTA ….



Selalu saja ada kesan tersendiri ketika mengajar kelas 3. Anak-anak nampak aktif, energik dan sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran bahasa arab. Pembelajaran di kelas ini aku rasa lumayan sudah menggunakan learning active. Aku design pembelajaran dengan model games. Anak-anak dibagi menjadi 4 kelompok ( dengan mengelompokkan sesuai dengan banjar meja). Nama kelompok disesuaikan dengan kosa kata baru yang sedang dipelajari. Karena bulan ini bertemakan transportasi maka mereka menggunakan mufrodat seperti shoruuhun, sayyarotun, qitoorun, dsb.


Lima menit sebelum istirahat dimulai anak-anak ingin sekali menyanyi. Akhirnya saya komando untuk menyanyikan lagu “ arkabul qitoor, hubbul ummi, dan asmaaul yaum” setelah itu baru anak-anak istirahat. Saat itu saya bener-bener bingung lagu apa yang harus saya ajarkan untuk mereka , paling tidak hal tersebut akan mempunyai kesan tersendiri di hati anak-anak itu. Jam istirahat saya tetap duduk di meja guru kelas 3, mencoba untuk menggubah lagu di sini senang disana senang. Alhamdulillah hanya dengan waktu kurang lebih lima menit, akhirnya jadi juga lagu gubahan perdana saya…hehe. Silahkan dicermati, boleh juga diterapkan di kelas Anda, ato di TPA tempat Anda mengajar….


Tema : Transportasi

Lyric ; Disana Senang Disini Senang



Sayyarotun mobil thooiroh pesawat
Jawwalatun itu speda motor
‘Arobatun andhong shoruukhun roket
Sayyarotussibaai mobil balap

Laalala lalalala laalala lalalala …..


Bel masuk pun berbunyi,anak-anak tak sabar untuk mendengarkan lagu yang berhasil saya gubah. Salah seorang muridku yang bernama Tata, nyeletuk…Bu Inaaa cepetan tak hitung sampe 3 lho bu..wahiiiiiid, istain, tsalatsah…..saya terheran-heran mendengarnya, siapa muridnya siapa gurunya ???? hmmmm… Sayap pun bergegas untuk menuju kelas 3, dari kejauhan tampak 3 orang muridku menemuiku yaa…termasuk si Tata, Buuuu….dah saya hitung sampe tis’ah lho..lama buanget, dalam batinku ……xixixixi.


Tiba saatnya mencoba menyanyikan lagu ini, ternyata mereka sangat2 antusias. Walaupun tanpa dinyanyikan mereka sudah hafal, namun sekali lagi ini hanya refreshing saja untuk menciptakan positif image. Ketika saya coba untuk melombakan per banjar meja, ada beberapa kelompok yang kurang semangat, mungkin karena tidak hafal. Tiba-tiba saya teringat dengan kata-kata Ust. Awan Abdulloh. Anak-anak ….!!! Anak Sukses harus SEMANGATTT, anak sukses harus ANTUSIAS!!! Seketika roman muka mereka terlihat lebih antusias dan bersemangat. Jam pelajaran pun telah usai, saya mengutip sebuah hadist sebagai pesan buat mereka. Anak-anak !!! KHOIRUNNAASI ANFA’UHUM LINNAAS !!! Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Kalau kalian ingin menjadi MANUSIA yTERBAIK maka ketika ada orang yang membutuhkan janganlah segan-segan untuk membantu, sekecil apapun itu. JADILAH MANUSIA YG BERMANFAAT !!! Sekian dari bu ina….Ila Liqoo Wassalamu’alaikum Warohmatullohi wa Barakatuh.


Ketika saya melangkahkan kaki untuk meninggalkan ruangan itu, tiba-tiba satu-satu dari muridku mengulurkan tangannya mengajak bersalaman, mereka mencium tanganku….Subhanalloh, pemandangan yang sangat Indah menurutku. Semua anak-anak bersalaman denganku, ini membuatku takjub karena biasanya berjabat tangan hanya dilakukan ketika awal masuk dan akhir pelajaran saja.

Satu hal lagi yang membuatku jatuh cinta, ntah karena apa ketika memberikan nilai kepada anak-anak, biasanya saya jarang sekali bahkan tidak pernah membubuhkan tandatangan. Namun sabtu kemarin hamper semua anak menginginkan tanda tangan lengkap dengan nama lengkap saya, bahkan ada yang meminta no Hp. Hmmm….. Ya Alloh………terlalu berlebihan menurutku.


Kelas tiga tlah membuatku benar-benar JATUH CINTA….
Aku azzamkan, KAN KUBUAT ANAK DIDIKKU JATUH CINTA DENGAN BAHASA ARAB !!!
BISMILLAH, ALLOHUAKBAR !!!
Mudahkan hambaMu ini Ya Robb…

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS.Muhammad :7)



3 komentar:

  1. SubhaanALLAH dek, yang baca inipun jadi keikutan jatuh cinta . . .:) Semangat . . . !

    BalasHapus
  2. subhaanALLAH dek, yang baca inipun jadi keikut jatuh cinta :)

    BalasHapus
  3. hehe...jatuh cinta sama anak2 kan mbak??? dan yang membuat ane nambah jatuh cinta lagi, Insya Alloh mulai ajaran baru ini ane menjadi ibu dari kelas 3 itu....hiks hiks....bener2 seneng bgt....

    BalasHapus