Jumat, 27 Mei 2011

Jodoh tertukar ???

Akhir-akhir ini banyak yang konsultasi tentang masalah nikah, jodoh, ta’aruf.....hmmm, tema yang tak kan pernah habis2 untuk diperbincangkan. Suatu ketika ada yg konsultasi via sms, pertanyaan yang membuat q tertawa sampe sakit perut. Ukhtiii....jodoh itu mungkin gak si tertukar, misal harusnya aq dapet si A, tapi ternyata dapet si B???

Hehehe....

Pertanyaan polos menurut q tapi jawabane lumayan prinsip. Menurutku jodoh itu sudah ditetapkan oleh Alloh, bahkan bukan hanya masalah jodoh saja. Coba simak sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim dari Ibnu Mas’ud r.a., dikabarkan bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Sesungguhnya proses penciptaan setiap orang dari kalian berada di perut ibunya selama 40 hari berupa segumpal air mani. Selanjutnya ia berubah menjadi segumpal darah dalam masa yang sama. Kemudian ia berubah menjadi segumpal daging dalam masa yang sama. Lalu Allah mengutus seorang malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya disamping diperintahkan untuk menuliskan empat perkara, yakni [1] rizkinya, [2] ajalnya, [3] perilakunya, dan [4] bahagia-celakanya.

Nah pertanyaan berikutnya sekarang, apakah jodoh itu ( dan perkara yang lain) bisa diubah???

Simak rumus berikut ini!! ^_^

DihapuskanNya mana yang dikehendakiNya, dan ditetapkanNya mana yang dikehendakiNya, sebab di tanganNyalah terpegang Induk Kitab (Lauh Mahfuzh) itu.” (QS ar-Ra’du [13]: 39)

Dari ayat tersebut kita bisa memahami bahwa Alloh itu dapat mengubah sesuatu yang telah Alloh tetapkan, bukan berarti Alloh plin plan lho....karena pengubahan sesuatu tersebut pada dasarnya sudah ditetapkan oleh Alloh. Nah karena jodoh dan perkara yang lain itu sudah ditakdirkan oleh Alloh lantas apakah kita hanya berpangku tangan, diem saja, dan hanya menunggu ???? tidak!!! Sama sekali tidak.

Inget rumus ini !!!

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan [yang ditakdirkan pada] suatu kaum sebelum mereka [berusaha] mengubah keadaan [yang ditakdirkan pada] diri mereka sendiri.” (QS ar-Ra’du [13]: 11)

So, untuk mengubah takdir Alloh ya kita harus berikhtiar, berusaha semaksimal mungkin, dengan apa??? Banyak !!!.Berdoa, melakukan amal2an yang wajib jg sunnah, menjalin silaturahmi, meningkatkan kualitas diri.....dan yang lebih penting berproses secara syar’i.

Jadi apakah jodoh bisa tertukar ???? tentunya tidak, karena Alloh telah menetapkan sesuatu yang terbaik buat kita. Allohu’alam bishowab

1 komentar:

  1. tertohok membaca tulisanq sendiri...Ya Rabbb ........ skenario apa lgi ini....

    BalasHapus